Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Duduk Lama

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Duduk Lama

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Duduk Terlalu Lama - Stelah beraktivitas dalam keadaan berdiri pada waktu yang cukup lama, duduk terasa sangatlah melegakan. Tetapi, duduk dalam waktu yang lama juga bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Terutama untuk beberapa pekerja kantoran yang menggunakan waktu minimal delapan jam sehari di depan monitor komputer.

Murat Dalkilinc, investigator dari TED-Ed menuturkan apa yang berlangsung pada tubuh saat seseorang duduk dalam waktu yang lama.

Ketika duduk dalam durasi yang lama, kurva tulang belakang bakal membungkuk dan tertekan. Pada saat ini juga, paru-paru tak memperoleh ruangan yang cukup untuk menyimpan oksigen. Aliran oksigen yg tidak terdistribusi sempurna membuat seseroang susah untuk konsentrasi.

Inilah penyebab kenapa ada penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa berjalan-jalan di taman atau alam terbuka bisa melatih kreativitas dalam memikirkan dan membuat Anda lebih bahagia atau fokus saat kembali ke kantor. Saat bergerak, aliran darah, oksigen pada badan mengalir dengan lancar, sehingga pikiran juga akan kembali rileks.

Bila pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda untuk bekerja diluar aktivitas duduk dialam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda rutin untuk menyempatkan 5 menit per jam untuk menggerakkan badan Anda.

Aktivitas fisik bisa memperpanjang telomere - sisi ujung dari kromosom yang berfungsi dalam sistem penuaan serta stres - yang membuat seseorang hidup lebih lama dan terbebas dari stres.

0 Response to "Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Duduk Lama"

Posting Komentar