Terlalu Lama Main Video Game Bikin Anak Hiperaktif

Game COC

Terlalu Lama Main Video Game Bikin Anak Hiperaktif - Sekarang ini teknologi berkembang makin pesat tanpa dapat dibendung oleh siapa saja. Di balik manfaatnya yang begitu besar, teknologi juga bisa memberi dampak negatif.

Salah satu efek perubahan teknologi yaitu kemunculan video game yang digemari oleh anak-anak.

Studi yang dikerjakan University of Oxford menemukan bahwa anak-anak yang bermain video game minimal selama tiga jam sehari bisa menyebabkan hiperaktifitas, seperti ikut serta dalam perkelahian atau tawuran antarsekolah yang kerap berlangsung. Faktor video game yang memengaruhi tingkah laku seseorang ini, ditetapkan oleh jenis permainan yang mereka mainkan.

Mereka juga menemukan dengan mengurangi jam bermain video game, setidaknya menjadi satu jam per hari bakal mengurangi tingkah laku hiperaktif anak, bahkan anak akan jadi tambah baik.

 " Riset ini menunjukkan bahwa bermain video game dapat menjadi aspek yang negatif, misalnya dalam mendukung perkembangan akademik serta emosional pada anak, " kata pemimpin peneliti Andy Przybylski dari
Oxford University.

Selain memengaruhi tingkat akademik seorang anak secara negatif, bermain video game yang berlebihan juga beresiko pada kehidupan sosial anak, mereka kurang bisa mengekspresikan dirinya saat bertemu dengan orang lain.

Untuk memperoleh temuan ini beberapa peneliti memakai sampel pada 200 anak di Inggris berumur 12-13 tahun yang dilengkapi dengan pendapat guru-guru mereka di sekolah. Riset di buat dalam bentuk kuisioner, yang melukiskan berapakah lama anak-anak bermain video game dan jenis permainan apa yang paling digemari.

Lewat studi ini peneliti mengharapkan beberapa orangtua lebih membatasi waktu bermain video game pada anak-anak serta mengarahkan mereka tidak untuk seharian bermain game tanpa ada berhubungan dengan orang lain.

Meskipun buruk dampaknya, banyak orangtua yang percaya bila jenis game spesifik yang dimainkan misalkan seperti teka-teki dan strategi bakal meningkatkan nilai akademik serta sosialisasi anak.

Walau sebenarnya peneliti tidak menemukan bahwa dengan bermain video game, terutama jenis game yang menimbulkan kekerasan dan perkelahian bisa memengaruhi tingkat akedemik anak.

0 Response to "Terlalu Lama Main Video Game Bikin Anak Hiperaktif"

Posting Komentar