Anda Perokok? Waspadai Penurunan memori Otak

Anda Perokok? Waspadai Penurunan memori Otak

Anda Perokok? Waspadai Penurunan memori Otak - Peringatan tentang merokok yang akan menghalangi pertumbuhan telah banyak di ketahui banyak orang. Akan tetapi, studi ini menunjukkan bukti baru bahwa merokok dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penipisan korteks otak.

Korteks adalah susunan luar otak yang mempunyai manfaat kognitif seperti memori, dan bahasa. Riset ini dapat tunjukkan bahwa dengan berhenti merokok bisa mengembalikan ketebalan korteks otak.

Studi ini melibatkan 244 laki-laki dan 260 wanita dengan umur rata-rata 73 tahun. Kemudian mereka dibagi dalam grup mantan perokok dan non perokok. Peneliti memakai perekam data kesehatan dan wawancara pribadi, dan barulah menganalisisnya bersamaan dengan MRI.

“Kami menemukan bahwa bekas perokok dengan umur rata-rata 73 tahun mempunyai korteks lebih tipis dibanding yg tidak merokok, ” tutur salah satu peneliti Dr. Sherif Karama seperti ditulis dari Science Daily.

Penipisan korteks memanglah suatu sistem penuaan yang normal, tetapi menurut Karama, orang yang merokok akan mempercepat penipisan korteks otak. Saat korteks otak menipis maka akan berlangsung penurunan tingkat kognitif.

“Perokok harus diberitahu bahwa merokok bisa mempercepat sistem penipisan korteks otak yang menyebabkanrusaknya kognitif, ” tutur Karama.

0 Response to "Anda Perokok? Waspadai Penurunan memori Otak"

Posting Komentar