Wow, Anjing Ternyata Bisa Deteksi Sel Kanker

Wow, Anjing Ternyata Bisa Deteksi Sel Kanker

Wow, Anjing Ternyata Bisa Deteksi Sel Kanker - Anjing memang di kenal sebagai binatang yang mempunyai indra penciuman yang tajam. Namun anjing yang satu ini tidak hanya dapat mengendus bau yang biasa, tetapi juga mampu mendeteksi adanya kanker tiroid pada seseorang.

Dia yaitu Frankie, seekor anjing jenis German shepherd yang sukses mendeteksi kanker tiroid dengan kebenaran sebesar 88 persen dari total 34 pasien yang mengikuti eksperimen.

Seperti diketahui, kanker adalah sel-sel rusak yang mempunyai kandungan kimia unik serta melepas komponen yang mudah menguap ke luar badan. Sementara anjing mempunyai 10 kali lebih banyak jumlah reseptor penciuman di banding manusia hingga dapat mengendus bau khas yang dilepaskan sel kanker.

Tim peneliti dari University of Arkansas for Medical Sciences, Amerika Serikat, mengapresiasi kekuatan anjing untuk mendeteksi kanker tiroid dalam hitungan menit. Tetapi Dr Emma Smith dari Cancer Research UK menekankan agar beberapa pasien tidak hanya memercayakan kemampuan anjing tapi juga mesti tetap melakukan uji laboratorium untuk memperoleh deteksi akurat.

 " Walau ada bukti bahwa anjing ini dapat mencium bau yang dilepaskan sel kanker tapi jangan hanya bergantung pada hasil tes anjing ini, " kata Smith.

0 Response to "Wow, Anjing Ternyata Bisa Deteksi Sel Kanker"

Posting Komentar