Ini Sebabnya Gula Bisa Memicu Rasa Lapar

Gula

Ini Sebabnya Gula Bisa Memicu Rasa Lapar - Badan manusia membutuhkan konsumsi gula seperti fruktosa, glukosa serta galaktosa. Tetapi konsumsinya mesti sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Bila terlalu berlebih maka akan mudah menyebabkan berbagai resiko penyakit.

Suatu riset teranyar menunjukkan bagaimanakah fruktosa serta glukosa mempunyai dampak yang berbeda pada tanggapan psikologis dan perilaku seseorang pada satu makanan.

Untuk menilai dampak yang berbeda dari dua jenis gula pada respon rasa lapar di otak, Kathleen A. Page dan rekannya melakukan scan MRI pada 24 orang yang sudah di beri minuman dengan penambahan fruktosa pada hari pertama dan tambahan glukosa pada hari lainnya.

Selanjutnya responden akan diperlihatkan beberapa gambar makanan, mulai dari makanan berkalori tinggi sampai makanan dengan tingkat kandungan gula yang tinggi.

Hasilnya, setelah mengonsumsi air minum yang mengandung fruktosa, otak responden cenderung merespon lebih besar sehingga rasa lapar yang luar biasa akan muncul. Sedangkan untuk glukosa ternyata tidak terlalu memberikan reaksi yang berlebihan.

Studi ini juga menemukan bahwa fruktosa dapat menghasilkan respon insulin plasma lebih kecil dari glukosa. Akibatnya adalah fruktosa tidak dapat memberikan rasa kenyang yang sama seperti glukosa.

Dengan adanya perbedaan dalam metabolisme ini, fruktosa dapat meningkatkan nilai makanan yang berkalori tinggi untuk dikonsumsi, jika dibandingkan dengan glukosa.

0 Response to "Ini Sebabnya Gula Bisa Memicu Rasa Lapar"

Posting Komentar